Rabu, 24 Oktober 2012

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Pada dasarnya, budidaya ikan lele lebih menguntungkan dibandingkan sektor usaha lainnya karena tidak membutuhkan modal besar. Usaha budidaya ikan air tawar saat ini lebih menguntungkan dibandingkan sektor usaha pertanian, pertambangan dan lainnya karena tidak membutuhkan modal besar dan dapat menghasilkan dalam waktu sekitar tiga bulan

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Untuk menghasilkan uang sekitar sebesar Rp 10 juta bukanlah hal yang sulit bagi seorang pembudidaya ikan lele karena uang sebesar itu dapat diperolehnya  dengan membudidayakan sekitar 4.000 ekor lele saja dengan asumsi harga mencapai Rp 25 ribu per kilogram. Modal itu tidak sebesar jika kita ingin bergerak di usaha penambangan timah, perkebunan dan lainnya.

Budidaya ikan lele juga tidak membutuhkan lokasi usaha yang terlalu luas, waktu menghasilkan lebih cepat, pelaku usahanya masih bisa membuka usaha lainnya karena lele tidak membutuhkan perawatan yang begitu ekstra dan lainnya. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk memulai usaha tersebut, ada sebuah buku bagus untuk Anda.

Buku berjudul Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang diterbitkan oleh Andi Publisher ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mulai berbisnis lele. Buku ini ditulis oleh M. Ghufran H. Kordi K dalam 114 halaman. Berikut adalah sinopsis singkat buku tersebut:

Ikan lele merupakan salah satu ikan ekonomis, khususnya dalam budi daya ikan air tawar di Indonesia. Ikan yang dulunya dicitrakan sebagai ikan yang hidup di lahan kotor dan tercemar, serta merupakan makanan masyarakat kelas bawah ini, kini menjadi komoditas komersial dan ”naik kelas” menjadi makanan untuk semua kalangan. Lele hidup dan segar sudah dipasarkan di beberapa pasar swalayan dan supermarket. Selama ini, usaha rumah makan, terutama usaha pecel lele yang paling banyak menyerap produksi budi daya lele. Sementara itu, kini lele mulai diolah menjadi bakso lele, kerupuk lele, dan abon lele. Lele juga mulai dipasarkan dalam bentuk awetan, terutama lele asap.  

Ikan lele merupakan salah satu komoditas budi daya yang memiliki banyak keunggulan, seperti dapat hidup di berbagai lingkungan air tawar, tahan penyakit, dan memakan apa saja sehingga mudah dibudidayakan dengan biaya produksi yang murah. Selain itu, risiko mengalami kerugian karena kematian pun sangat kecil. Oleh karena itu, lele dapat dibudidayakan di berbagai lahan, mulai dari lahan luas sampai lahan sempit di pekarangan rumah.

Salah satu teknologi budi daya yang sangat cocok untuk budi daya ikan lele adalah kolam terpal. Keunggulan dari kolam terpal adalah dapat diterapkan (dibangun) di berbagai tempat, tidak harus di lahan yang ideal sebagaimana pembangunan kolam konvensional. Kolam terpal juga mudah dibersihkan dan dipindahkan. Menurut pengalaman para pembudi daya ikan di kolam terpal, padat penebarannya dapat ditingkatkan, sintasan atau kelangsungan hidup (survival rate) lebih tinggi, pertumbuhan ikan dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur. Di samping itu, pembuatan dan pemeliharaan ikan di kolam terpal juga lebih mudah (secara teknis) dan lebih murah (secara finansial).

Detail Buku
Kategori(Sub): Teks Non Ekonomi (Pertanian)
ISBN: 978-979-29-1353-8
Penulis: M. Ghufran H. Kordi K
Ukuran⁄Halaman: 14x21 cm² ⁄ xiv+114 halaman
Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published
Tahun Terbit: 2010
Berat: 141 gram
Harga: Rp 26.000,- Diskon 20%
Harga Diskon: Rp 20.800,-

Nah, tertarik untuk memulai usaha Budidaya Ikan Lele, ayo segera miliki buku tersebut di toko-toko buku terdekat di kota Anda. Semoga dengan berbagi informasi ini dapat menambah manfaat untuk Anda. Salam sukses!

Description: Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Rating: 4.5 Reviewer: Syaban Kecil - ItemReviewed: Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Berbagi Terbaru 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com | Template Design by Noval Blogger Bima.
Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal - Berbagi Terbaru